Mengatasi Masalah Situs Dan Hasil Penelusuran

Mengatasi Masalah Situs Dan Hasil Penelusuran

Jika situs Anda tidak muncul pada hasil penelusuran, Anda dapat mengecek apakah situs terdapat dalam indeks Google dengan penelusuran site: untuk domain Anda, seperti ini: site:example.com. Jika situs Anda tidak tercantum dalam hasil itu, Google belum mengindeksnya. Hal ini dapat terjadi sesekali saat penginang situs mencekal Googlebot (perangkat lunak perayapan web Google). Jika situs Anda tidak diindeks dan menduga Googlebot telah dicekal, sebaiknya hubungi penginang situs dan minta mereka memverifikasi Googlebot dengan melakukan pencarian pembalik DNS, memverifikasi bahwa nama itu ada di dalam domain googlebot.com, lalu melakukan pencarian DNS ke IP yang sesuai menggunakan nama googlebot.com itu.

Misalnya:
> host 66.245.66.1

1.66.249.66.in-addr.arpa domain name pointer crawl-66-245-66-1.googlebot.com.
> host crawl-66-245-66-1.googlebot.com
crawl-66-245-66-1.googlebot.com has address 66.245.66.1

Apa ada masalah dengan situs Anda?
Google bertujuan untuk menyajikan hasil paling relevan dan terbaik kepada pengguna kami. Agar situs Anda mendapatkan peringkat yang baik di laman hasil penelusuran, pastikan bahwa Google dapat merayapi dan mengindeks situs dengan benar, dan pastikan situs berisi konten berguna dan asli. kirimkan situs untuk dipertimbangkan kembali menguraikan beberapa praktik terbaik yang dapat membantu Anda menghindari kesalahan umum dan meningkatkan peringkat situs.

Namun, beberapa webmaster melakukan praktik gelap yang mengakibatkan situs dihapus secara keseluruhan dari indeks Google atau sebaliknya diberi sanksi. Jika situs diberi sanksi, maka tidak akan muncul lagi dalam hasil penelusuran Google.com atau situs mitra Google apa pun.

Jika situs Anda tidak muncul pada hasil penelusuran, tinjau situs dan perbaiki setiap masalah ini. Anda dapat meninjau Pedoman Webmaster untuk informasi selengkapnya. Setelah Anda melakukan perubahan dan yakin bahwa situs Anda tidak lagi melanggar pedoman kami, kirimkan situs Anda untuk dipertimbangkan kembali. Beberapa praktik ini tercantum di bawah:

Teks Dan Tautan Tersembunyi
Menyembunyikan teks atau tautan di dalam konten dapat membuat situs Anda dianggap tidak dapat dipercaya karena informasi yang ditampilkan di mesin telusur berbeda dari tampilan untuk pengunjung. Teks (seperti kata kunci berlebihan) dapat disembunyikan dengan beberapa cara, antara lain:
=>Menggunakan teks putih pada latar belakang putih
=>Termasuk teks di balik gambar
=>Menggunakan CSS untuk menyembunyikan teks
=>Menyetel ukuran fon menjadi 0

Tautan tersembunyi adalah tautan yang dimaksudkan untuk dirayapi oleh Googlebot, tetap itidak terbaca oleh manusia karena:
=>Tautan ini mengandung teks tersembunyi (sebagai contoh, warna teks dan warna latar belakang sama).
=>CSS telah digunakan untuk membuat hipertaut kecil setinggi satu piksel.
=>Tautan tersebut disembunyikan dalam karakter kecil – misalnya, tanda hubung di tengah paragraf.

Jika situs Anda dianggap berisi teks dan tautan tersembunyi yang sengaja untuk memperdaya pengunjung, situs Anda dapat dihapus dari indeks Google, dan tidak akan muncul pada laman hasil penelusuran. Saat mengevaluasi situs Anda untuk melihat apakah terdapat teks atau tautan tersembunyi, cari apa pun yang tidak mudah dilihat oleh pengunjung situs Anda. Apakah teks dan tautan ada semata-mata hanya untuk mesin telusur daripada untuk pengunjung?

Jika Anda menggunakan teks untuk mencoba mendeskripsikan sesuatu yang tidak dapat diakses oleh mesin telusur – misalnya, Javascript, gambar, atau berkas Flash – ingat bahwa banyak pengunjung menggunakan pembaca layar, peramban seluler, peramban tanpa penyolok, dan koneksi yang lambat tidak akan dapat menunjukkan kedua konten tersebut. Menggunakan teks deskriptif untuk item ini akan meningkatkan aksesibilitas situs Anda. Anda dapat mengetes aksesibilitas dengan mematikan Javascript, Flash, dan gambar pada peramban Anda, atau dengan menggunakan peramban teks saja seperti Lynx. Beberapa kiat membuat situs Anda dianggap laik akses antara lain:
=>Gambar: Gunakan atribut alt untuk menyediakan teks deskriptif. Sebagai tambahan, kami merekomendasikan penggunaan takarir yang bisa dibaca manusia dan teks deskriptif di sekitar gambar.
=>Javascript: Tempatkan konten yang sama dari Javascript ke dalam tag noscript. Jika Anda mengunakan metode ini, pastikan kontennya sama persis dengan yang ada dalam Javascript dan konten ini ditampilkan pada pengunjung yang Javascript-nya tidak diaktifkan dalam peramban mereka.
=>Video: Masukkan teks deskriptif tentang video tersebut dalam bentuk HTML. Anda juga dapat menyediakan transkrip.

Jika Anda memang menemukan teks atau tautan tersembunyi pada situs Anda, hapus atau buat agar mudah dilihat jika teks dan tautan tersebut relevan untuk pengunjung situs Anda.
Kembali ke atas Penyelubungan, pengalihan Javascript tersembunyi, dan laman doorway

Penyelubungan
Penyelubungan mengacu pada praktik menampilkan konten atau URL berbeda antara yang dilihat pengguna dengan mesin telusur. Menyajikan hasil yang berbeda berdasarkan agen pengguna dapat menyebabkan situs Anda dianggap menipu dan dihapus dari indeks Google.
Beberapa contoh penyelubungan antara lain:
=>Menyajikan laman teks HTML pada mesin telusur tetapi menampilkan laman gambar atau
=>Flash pada pengguna

Menyajikan konten berbeda kepada pengguna dari yang tersaji di mesin telusur.
Jika situs Anda berisi elemen yang tidak dapat dirayapi oleh mesin telusur (misalnya berkas media-kaya selain Flash, JavaScript, atau gambar), Anda sebaiknya tidak memberikan konten terselubung untuk mesin telusur. Lebih baik Anda juga memikirkan pengunjung situs Anda yang tidak mampu melihat elemen ini. Sebagai contoh:
=>Sediakan teks alternatif yang menjelaskan gambar untuk pengunjung yang pembaca layar dan gambarnya dimatikan dalam perambannya.
=>Sediakan konten tekstual JavaScript dalam sebuah tag noscript.

Pastikan bahwa Anda menyediakan konten yang sama di kedua elemen (misalnya, sediakan teks yang sama di JavaScript seperti yang ada pada tag noscript). Memasukkan konten yang berbeda secara substansial dalam elemen alternate dapat mengakibatkan Google mengambil tindakan pada situs tersebut.

Pengalihan JavaScript tersembunyi
Saat Googlebot mengindeks laman yang berisi JavaScript, Googlebot akan mengindeks laman tersebut tetapi tidak mampu mengikuti atau mengindeks tautan apa pun yang disembunyikan di dalam JavaScript itu. Penggunaan JavaScript adalah praktik web yang benar-benar sah. Namun, gunakan JavaScript dengan maksud tidak untuk menipu mesin telusur. Misalkan, menempatkan teks yang berbeda di JavaScript bila dibandingkan dengan yang ada di tag noscript, melanggar pedoman webmaster karena hal tersebut menampilkan konten yang berbeda pada pengguna (yang melihat teks berbasis JavaScript) daripada untuk mesin telusur (yang melihat teks berbasis noscript). Karena itu, hal tersebut melanggar pedoman webmaster tentang menyematkan tautan pada JavaScript yang mengalihkan pengguna ke laman yang berbeda dengan maksud menunjukkan pada pengguna laman yang berbeda dari laman yang dilihat oleh mesin telusur. Ketika sebuah tautan pengalihan disematkan pada JavaScript, mesin telusur mengindeks laman aslinya daripada mengikuti tautan, sedangkan pengguna akan dibawa ke target alihan tersebut. Seperti penyelubungan, praktik ini memperdaya karena menampilkan konten yang berbeda pada pengguna dan pada Googlebot, dan dapat membawa pengunjung ke tempat yang sebenarnya tidak mereka tuju.
Perhatikan bahwa penempatan tautan dalam JavaScript tidak menipu. Saat memeriksa JavaScript pada situs Anda untuk memastikan situs Anda mengikuti pedoman kami, pertimbangkanlah maksudnya.

Ingat, mesin telusur umumnya tidak dapat mengakses konten JavaScript, tautan yang sah dalam JavaScript cenderung tidak dapat diakses oleh mesin telusur (sama halnya dengan pengunjung tanpa peramban dengan JavaScript yang diaktifkan). Anda dapat tetap meletakkan tautan di luar JavaScript atau menggandakannya dalam tag noscript.
Laman doorway

Laman doorway sebenarnya adalah rangkaian besar laman dengan kualitas rendah di mana setiap laman dioptimalkan untuk kata kunci atau frasa tertentu. Dalam banyak kasus, laman doorway ditulis untuk membuat peringkat bagi frasa tertentu dan kemudian mengarahkan pengguna ke tujuan tunggal. Baik ditempatkan pada banyak domain atau satu, laman doorway cenderung membuat pengguna frustasi, dan hal ini melanggar pedoman webmaster kami.

Tujuan Google adalah memberikan hasil penelusuran yang paling berharga dan relevan bagi para pengguna kami. Oleh karena itu, kami tidak menyetujui praktik yang didesain untuk memanipulasi mesin telusur dan menipu pengguna dengan mengarahkan mereka ke situs selain yang mereka pilih, dan praktik yang menyediakan konten semata-mata hanya demi keuntungan mesin telusur. Google dapat melakukan tindakan pada situs doorway dan situs-situs lain yang menggunakan praktik penipuan ini, termasuk menghapus situs tersebut dari indeks Google.

Skema Tautan
Peringkat situs Anda dalam hasil penelusuran Google sebagian berdasarkan pada analisis situs tersebut yang bertautan ke Anda. Kuantitas, kualitas, dan keterkaitan tautan berpengaruh pada peringkat Anda. Situs yang bertaut ke Anda dapat memberikan konteks tentang pokok situs Anda, dan dapat menyatakan kualitas dan popularitasnya. Namun, beberapa webmaster terlibat dalam skema pertukaran tautan dan laman yang dibangun bersama secara eksklusif sebagai usaha penautan silang yang tidak mengindahkan kualitas tautan, sumber, dan akibat jangka panjang yang akan terjadi pada situs mereka. Hal ini melanggar pedoman webmaster Google dan dapat memberikan pengaruh negatif terhadap peringkat situs Anda dalam hasil penelusuran. Contoh skema tautan meliputi:
=>Tautan yang dimaksudkan untuk memanipulasi PageRank
=>Tautan ke spammer web atau lingkungan yang buruk di web
=>Tautan timbal balik berlebihan atau pertukaran tautan berlebihan (“Tautkan ke saya dan saya akan menautkannya ke Anda.”)

Pembelian dan penjualan tautan yang lolos dari PageRank
Cara terbaik agar situs lain membuat tautan yang relevan pada Anda adalah membuat konten yang unik dan relevan, yang dapat memperoleh popularitas dalam komunitas Internet dengan cepat. Semakin berguna konten Anda, semakin besar kemungkinan orang lain menyadari bahwa konten tersebut berharga untuk pembacanya dan menautkan konten tersebut. Sebelum mengambil keputusan, tanyakan pertanyaan ini pada diri Anda: Apa hal ini akan menguntungkan bagi para pengunjung laman Anda?

Yang penting bukan hanya jumlah tautan yang menunjuk pada situs Anda, tetapi juga kualitas dan keterkaitan tautan tersebut. Membuat konten baik ada pahalanya: Tautan biasanya adalah pemberian suara editorial yang diberikan sukarela, dan komunitas narablog yang ceriwis dapat menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan perhatian.

Kueri Otomatis
Persyaratan Layanan Google tidak mengizinkan pengiriman kueri otomatis apa pun ke sistem kami tanpa menunjukkan izin dari Google sebelumnya. Mengirimkan kueri otomatis menyerap sumber daya dan termasuk penggunaan perangkat lunak apa pun (seperti WebPosition Gold™) untuk mengirimkan kueri otomatis ke Google untuk menentukan bagaimana situs web atau laman web diberi peringkat pada hasil penelusuran Google untuk berbagai kueri.

Penjejalan Kata Kunci
“Penjejalan kata kunci” mengacu pada praktik memuat laman web dengan kata-kata kunci sebagai usaha memanipulasi peringkat situs dalam hasil penelusuran Google. Mengisi laman dengan kata kunci mengakibatkan pengalaman pengguna negatif, dan dapat membahayakan peringkat situs Anda. Fokus pada pembuatan konten yang berguna dan kaya informasi yang menggunakan kata kunci dengan wajar dan sesuai konteks.
Untuk memperbaiki masalah ini, tinjau situs Anda apakah ada penyalahgunaan kata kunci. Umumnya, hal ini akan berupa daftar atau paragraf berisi kata kunci yang seringkali diulang secara acak. Periksa dengan seksama, karena kata kunci sering kali berbentuk teks tersembunyi, atau dapat disembunyikan dalam tag title atau atribut alt.

Konten Duplikat
Konten duplikat umumnya mengacu pada blok konten yang jumlahnya lumayan di dalamatau di seluruh domain yang benar-benar sesuai atau kurang-lebih sama dengan konten lain. Kebanyakan, aslinya tidak dimaksudkan untuk menipu. Contoh konten duplikat non-hasad meliputi:
=>Forum diskusi yang dapat menghasilkan baik laman biasa dan lucutan yang ditargetkan pada perangkat seluler
=>Item simpanan ditampilkan atau ditautkan melalui banyak URL yang berbeda Laman web versi cetak saja

Jika situs Anda berisi berbagai laman dengan konten yang sebagian besar serupa, terdapat sejumlah cara yang URL pilihannya dapat ditunjukkan ke Google. (Hal ini dinamakan “kanonikalisasi”.)

Namun, pada beberapa kasus, konten memang sengaja diduplikasi di keseluruhan domain sebagai usaha untuk memanipulasi peringkat mesin telusur atau meningkatkan lalu lintas. Praktik duplikasi seperti ini mengakibatkan pengalaman pengguna tak baik, saat pengunjung melihat konten yang sama pada intinya diulang dalam rangkaian hasil penelusuran.

Google berusaha keras untuk mengindeks dan menampilkan laman yang memiliki informasi berbeda. Penyaringan ini berarti, misalnya, bahwa jika situs Anda memiliki versi “reguler” dan “cetak” dari setiap artikel, dan tidak ada satupun dari versi ini yang dicekal dalam robots.txt atau dengan meta tag noindex, kami akan memilih salah satu darinya untuk disertakan. Dalam kasus yang jarang terjadi di mana Google mempertahankan konten duplikat yang ditampilkan dengan maksud memanipulasi peringkat dan menipu para pengguna kami, kami juga akan membuat penyesuaian yang tepat dalan mengindeks dan membuat peringkat situs yang terlibat. Sebagai hasilnya, peringkat situs bisa turun, atau situs bisa dihapus semua dari indeks Google, yang berakibat tidak akan muncul lagi dalam hasil penelusuran.

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah konten duplikat secara proaktif, dan memastikan bahwa pengunjung melihat konten yang Anda inginkan untuk dilihat oleh mereka. Pertimbangkan pencekalan laman dari diindeks: Daripada membiarkan algoritme Google menentukan versi “terbaik” dari sebuah dokumen, Anda mungkin berkenan membantu memandu kami ke versi yang lebih Anda pilih. Misalkan, jika Anda tidak mau kami mengindeks versi cetak artikel situs Anda, halangi direktori tersebut atau manfaatkan ekspresi biasa di dalam robots.txt berkas.

Gunakan 301: Jika Anda telah menyusun kembali situs Anda, gunakan pengalihan 301 (“RedirectPermanent”) dalam berkas .htaccess Anda untuk mengalihkan pengguna, Googlebot, and spider lain dengan cerdik. (Dalam Apache, Anda dapat melakukannya dengan sebuah berkas .htaccess; dalam IIS, Anda dapat melakukannya melalui konsol administratif.)
Tetaplah konsisten: Cobalah untuk menjaga tautan internal Anda konsisten. Misalkan, jangan tautkan ke http://www.example.com/page/ dan http://www.example.com/page dan http://www.example.com/page/index.htm.
Menggunakan domain tingkat tertinggi: Untuk membantu kami menyajikan versi dokumen yang paling tepat, gunakan domain tingkat atas kapan pun dimungkinkan untuk menangani konten khusus negara. Sebagai contoh, kami cenderung mengetahui bahwa www.example.de berisi konten tentang Jerman, daripada www.example.com/de atau de.example.com.
Sindikasikan dengan baik: Jika konten Anda disindikasi di situs yang lain, Google akan selalu menampilkan versi yang kami anggap paling cocok untuk pengguna di setiap penelusuran yang diberikan, yang bisa saja atau bahkan bukan versi yang Anda sukai. Namun, akan lebih baik bila setiap situs tempat konten Anda disindikatkan mencantumkan tautan balik ke artikel asli Anda. Anda juga bisa bertanya siapa yang menggunakan material Anda yang disindikasikan untuk mencekal versi sindikasi pada situs mereka dengan robots.txt
Menggunakan Alat Webmaster untuk memberitahu kami cara yang Anda pilih untuk mengindeks situs Anda: Anda dapat memberitahu Google domain yang Anda sukai (misalnya, www.example.com atau http://example.com).

Meminimumkan repetisi konten standar: Misalnya, daripada memasukkan teks hak cipta yang panjang di akhir setiap laman, masukkan ringkasan singkat dan kemudian tautkan ke laman yang berisi perincian lengkap.

Hindari menerbitkan potongan: Pengguna tidak suka melihat laman “kosong”, jadi hindari placeholders jika dimungkinkan. Misalkan, jangan menerbitkan laman di mana tak ada konten yang berarti. Jika Anda memang membuat laman placeholder, gunakan robots.txt agar laman ini tidak dirayapi.

Mengerti sistem manajemen konten Anda: Pastikan Anda terbiasa denga cara konten ditampilkan di situs web Anda. Blog, forum, dan sistem yang berhubungan sering menunjukkan konten yang sama dalam berbagai format. Misalkan, sebuah entri blog bisa muncul pada laman awal sebuah blog, dalam laman arsip, dan dalam laman entri yang lain dengan label yang sama.

Minimumkan konten yang sama: Jika Anda memiliki banyak laman yang sama, pertimbangkan untuk memperluas setiap laman atau satukan laman tersebut. Misalkan, jika Anda memiliki situs perjalanan dengan laman yang terpisah untuk dua kota, tetapi mempunyai informasi yang sama di kedua laman tersebut, Anda dapat menggabungkan kedua laman tentang dua kota tersebut atau Anda dapat mengembangkan tiap laman tersebut agar berisi konten yang unik tentang masing-masing kota.

Konten duplikat pada sebuah situs tidak dimaksudkan untuk aksi pada situs tersebut kecuali konten duplikat muncul dan dimaksudkan untuk menipu dan memanipulasi hasil mesin telusur. Jika situs Anda dirugikan oleh masalah konten duplikat, dan Anda tidak mengikuti saran yang disebutkan di atas, kami memilih versi konten yang akan ditampilkan dalam hasil penelusuran kami.

Jika Anda menemukan bahwa situs lain menduplikasi konten Anda dengan melakukan scraping (menyelewengkan dan menerbitkannya kembali), secara tidak langsung hal ini akan memberikan pengaruh negatif pada peringkat situs Anda dalam laman hasil penelusuran Google. Jika memang Anda melihat kasus yang membuat Anda frustasi, silakan mengajukan sebuah permintaan DMCA untuk menuntut kepemilikan konten tersebut dan meminta penghapusan situs yang lain dari indeks Google.

Konten Hampir Tidak Ada Atau Tak Orisinal
Satu langkah paling penting dalam menaikkan peringkat situs Anda dalam hasil penelusuran Google adalah memastikan bahwa situs tersebut berisi banyak informasi yang kaya yang termasuk di dalamnya kata kunci yang relevan dan digunakan dengan baik yang menyatakan pokok dari konten Anda.

Namun, beberapa webmaster mencoba meningkatkan peringkat laman mereka dan menarik pengunjung dengan membuat laman yang berisi banyak kata tetapi sedikit konten atau tidak otentik. Google akan melakukan tindakan terhadap domain yang mencoba membuat peringkat lebih tinggi dengan hanya menunjukkan laman panen atau laman swahasil yang tidak memberi tambahan nilai apapun pada para pengguna. Contoh meliputi:
Situs afiliasi tipis: Situs ini mengumpulkan pendapatan dari biaya-per-klik(BPK) dengan mengirim pengunjung ke situs program afiliasi, tetapi memberikan konten atau layanan yang sedikit tanpa nilai tambahan pada penguna. Situs ini biasanya tidak memiliki konten original dan merupakan situs pemotong kuki atau template tanpa konten yang unik.
Laman doorway: Laman yang dibuat hanya untuk mesin telusur
Konten swahasil: Konten yang dihasilkan secara programatik. Sering kali hal ini berisi paragraf acak berbentuk teks yang tidak berarti bagi pembaca tetapi ada kemungkinan berisi kata kunci penelusuran.

Konten panen: Beberapa webmaster menggunakan konten yang diambil dari situs lain yang lebih mempunyai nama baik dengan asumsi bahwa memperbesar volume laman web dengan konten acak dan tidak relevan adalah strategi jangka panjang yang baik. Konten hasil panen, meskipun dari sumber daya berkualitas tinggi, tidak akan memberikan nilai tambah apapun pada pengguna Anda tanpa layanan berguna atau konten tambahan yang disediakan oleh situs Anda. Meluangkan waktu dalam membuat konten original yang menonjolkan situs Anda akan sangat berguna. Hal ini akan membuat pengunjung Anda selalu datang kembali dan akan menyediakan hasil penelusuran yang berguna.

Tidak ada masalah jika menjadi sebuah afiliasi selama Anda membuat beberapa nilai tambah untuk pengguna Anda dan menghasikan konten berharga yang memberikan alasan bagi pengguna untuk mengunjungi situs Anda. Misalkan, Anda dapat membuat tinjauan produk, peringkat dan perbandingan produk.

Domain Terparkir
Domain terparkir adalah laman placeholder untuk sebuah domain yang belum dikembangkan menjadi sebuah situs web. Sering kali hal ini sah secara keseluruhan, misalnya, seorang webmaster dapat meletakkan sebuah frasa “Sedang Dibangun” saat situs tersebut sedang dibuat. Namun, beberapa webmaster mendaftarkan domain dan memarkirkannya sebagai usaha melegalkan laman tersebut. Umumnya hal ini dilakukan dengan mengisi laman dengan iklan dengan tujuan memperoleh pendapatan dari biaya-per-klik (BPK).

Laman terparkir ini tidak menyediakan nilai tambah bagi penelusur, jadi kami biasanya tidak mengembalikannya sebagai hasil penelusuran. Jika Anda memiliki domain terparkir, aktifkan domain tersebut dan isi dengan konten yang berguna agar memenuhi syarat untuk diindeks dan dikembalikan sebagai hasil penelusuran.

Tautan Berbayar
Google dan sebagian besar mesin telusur lain menggunakan tautan untuk menentukan reputasi. Peringkat situs dalam hasil penelusuran Google sebagian berdasar pada analisis situs tersebut yang menautkan situs tersebut. Analisis berbasis tautan merupakan cara pengukuran nilai situs yang baik, dan telah meningkatkan kualitas penelusuran web dengan sangat baik. Baik kuantitas, dan terlebih lagi kualitas, tautan berpengaruh pada peringkat ini.

Namun, beberapa SEO dan webmaster terlibat dalam praktik membeli dan menjual tautan yang lolos dari PageRank, tidak mengindahkan kualitas tautan, sumber, dan akibat jangka panjang yang akan terjadi pada situs mereka. Pembelian atau penjualan tautan yang lolos PageRank melanggar pedoman webmaster Google dan dapat berimbas negatif pada peringkat situs dalam hasil penelusuran.

OK SOB.....Sekian posting saya mengenai Mengatasi Masalah Situs Dan Hasil Penelusuran.

Semoga bermanfaat.....!!

» JANGAN LUPA LIKE N Komentarnya Yeach...

= Baca Juga Sob =


Ditulis Oleh : Marwan Adza ~ Ilmu Nyentrik

Artikel Mengatasi Masalah Situs Dan Hasil Penelusuran ini diposting oleh Marwan Adza. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link aktif artikel ini sebagai sumbernya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::..Get Free Daily Email Updates..::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ilmu Nyentrik. Copyright 2012 All Rights Reserved :. Milik Anak Bangsa Yang Selalu Berinovasi .: and Blogger Template by Blogger dot com