Cara Nofollow-kan Comment Permalink Blogger Agar Tidak Diindeks Google

cara nofollow-kan comment permalink blogger agar tidak diindeks

Pada posting kali ini saya akan share tentang Cara Nofollow-kan Comment Permalink Blogger Agar Tidak Diindeks Google ~ Dalam template blogger, ada satu tag yang digunakan sebagai generator dari permalink comment, sehingga masing-masing comment blogspot sebenarnya memiliki permalink unik yang apabila di-klik akan langsung menuju ke bagian comment tertentu didalam sebuah posting. Permalink ini, biasanya menggunakan anchor text berupa tanggal atau hari dimana sebuah komentar di-publish di sebuah posting dan letaknya ada yang di bagian atas comment atau di bawah comment tergantung susunan tags di dalam template.

Secara default, permalink tersebut tidak mengandung atribut relationship apapun, artinya secara tidak sengaja search engine "diijinkan" untuk melakukan "follow" atau mengikuti dan mengindeks link tersebut. Baca juga Cara Membuat Custom URL Permalink Blogspot yang SEOFriendly.

Contoh url dalam permalink komentar :
http://ilmunyentrik.blogspot.com/2012/11/cara-menghilangkan-google-images-frame.html. #comment-4946048359309488959
Dalam warna yang berbeda, ada beberapa perintah yang digunakan untuk engine Blogger membuat permalink komentar secara otomatis di dalam tag a sesuai dengan warna di atas :
"#comment-" + data:comment.id

Kedua perintah di atas kemudian disusun secara bersama2 dengan permalink posting dan menghasilkan permalink komentar yang diperintahkan dengan menggunakan atribut href :
expr:href='"#comment-" + data:comment.id'

Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi bila permalink komentar terindeks :
=>Kemungkinan besar, ini akan berdampak buruk bagi relevansi komentar dengan artikel/posting yang diindukinya, seperti kita ketahui tidak semua komentar memiliki isi yang sesuai, hanya berisi satu atau dua kata, dan bahkan komentar itu sama sekali tidak berhubungan (spam).
=>Jika permalink tersebut dianggap menuju ke sebuah halaman unik, maka halaman tujuan bukanlah halaman posting yang sesungguhnya, tidak terpisah dari halaman post, tidak memiliki title, serta tidak memiliki konten yang memadai. Oleh karena itu, permalink komentar tidak akan pernah bisa mencapai SERP yang baik.
=>Kalaupun bisa mencapai SERP bagus, kan sangat jarang pengunjung yang tertarik meng-klik listing indeks yang menuju halaman permalink komentar bukan? 

Solusi agar permalink komentar tidak terindeks :

Untuk mengatasi masalah tersebut, terutama bagi sobat pengguna blogger yang comment permalink-nya ikut terindeks Google, tambahkan atribut rel="nofollow" pada tag comment permalink agar search engine tidak mengikuti link tersebut.
Caranaya adalah sebagai berikut :
=>Masuk ke dashboard > template > edit HTML.
=>Jangan lupa centang "expand widgets template"
=>Cari kode/tag berikut :
<a expr:href='"#comment-" + data:comment.id' title='comment permalink'><data:comment.timestamp/></a>
Jika tidak ketemu, ada kemungkinan bagian quote (") diparsing sehingga menghasilkan quote dalam bentuk ASCII (&quote;). Beberapa pembuat template lebih suka menggunakan kode seperti itu sebab lebih cepat dibaca engine atau platform Blogger, jadi cari kode/tag seperti ini:
<a expr:href='&quot;#comment-&quot; + data:comment.id' title='comment permalink'></a>
=>Setelah itu, tambahkan atribut atribut rel=nofollow ke dalam tag a-nya:
<a rel='nofollow' expr:href='"#comment-" + data:comment.id' title='comment permalink'><data:comment.timestamp/></a>
atau
<a rel='nofollow' expr:href='&quot;#comment-&quot; + data:comment.id' title='comment permalink'></a>
=>Save template and done!

Sekarang permalink komentar sobat sudah memiliki atribut rel=nofollow, yang berfungsi memberi informasi pada google search engine untuk tidak mengikuti dan mengindeksnya.

OKE Sob,...Sekian posting saya mengenai Cara Membuat Custom URL Permalink Blogspot yang SEO Friendly.
Semoga bermanfaat.....!!

» JANGAN LUPA LIKE N Komentarnya Yeach...

= Baca Juga Sob =


Ditulis Oleh : Unknown ~ Ilmu Nyentrik

Artikel Cara Nofollow-kan Comment Permalink Blogger Agar Tidak Diindeks Google ini diposting oleh Unknown. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link aktif artikel ini sebagai sumbernya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::..Get Free Daily Email Updates..::

3 komentar:

  1. kalo yang ke index begini #Showcomment12314124141 gimana|?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika comment blog anda sudah anda "rel=nofollow" maka comment tersebut sudah tidak terindeks lagi. "Kata para pakar SEO"

      Hapus
  2. LAngsung di praktekkan sob,, masalahnya "showComment" itu menghiasi Webmaster saya jadi Duplikat content

    BalasHapus

 

Ilmu Nyentrik. Copyright 2012 All Rights Reserved :. Milik Anak Bangsa Yang Selalu Berinovasi .: and Blogger Template by Blogger dot com