Cara Redirect Halaman Blogspot Dengan Custom Redirect

cara redirect halaman blogspot dengan custom redirect

Cara Redirect Halaman Blogspot Dengan Custom Redirect ~ Posting ini masih berfokus pada optimalisasi fitur-fitur Blogger, terutama untuk SEO dan fitur-fitur baru Blogger yang ditambahkan oleh Blogger beberapa bulan lalu sepertinya belum "teroptimalisasi" sebagaimana seharusnya. Baca juga mengenai Cara Nofollow-kan Comment Permalink Blogger Agar Tidak Diindeks Google. Fungsi redirect sangat penting apabila anda tidak ingin seorang pengunjung blog masuk ke suatu halaman yang sudah tidak ada, dihapus, atau tidak perlu diakses lagi oleh pengunjung. Dulu, fungsi redirect ini agak berat dan susah untuk diterapkan di Blogger. Paling tidak, harus digunakan meta refresh, yang tidak sempurna, dan juga tidak SEO friendly. Selain itu, anda mungkin juga sering melihat adanya broken link (error crawls) diwebmaster tools, yang diarahkan ke halaman 404, karena link tersebut menuju halaman yang tidak ditemukan. Tentu ini tidak akan berefek baik pada SEO.

Broken link biasanya disebabkan oleh di hapusnya suatu halaman yang tidak digunakan lagi atau kesalahan dalam menuliskan link dari suatu halaman yang di-linkbackdi website/blog lain tentu Google tidak akan menemukan halaman yang dirujuk dan berujung pada 404.

Mengapa dan Kapan Saya Harus Menggunakan Redirect ?

=>Agar pengunjung tidak kecewa karena link yang dia tuju telah rusak atau sebenarnya ada link yang benar tapi tidak terakses.
=>Saya bisa meredirect halaman yang telah dihapus karena sudah usang dan meredirectnya ke halaman baru yang merupakan update.
=>Menghindari broken link, dan menyalurkan link juice di link lama ke link baru. Sehingga apabila halaman lama yang dihapus sudah ber-pagerank, maka halaman baru hasil redirect akan mendapatkan juice-nya (dengan permanent redirect, 301).
=>Masih banyak lagi!

Cara Menggunakan Blogger Custom Redirect

Fitur ini adalah bagian dari fitur utama "Search Preferences", jadi akses melalui dashboard>> Setting>> Search Preferences>> Lihat pada bagian "Errors and redirections">> Custom redirect.
=> Klik link "edit".
=> Setelah itu, anda akan melihat dua kolom, yang pertama adalah asal redirect, dan kedua adalah tujuan redirect. Sebagai contoh, saya me-redirect satu halaman tentang meta tags yang menurut saya sudah usang (khususnya mengenai meta keywords yang sudah tidak penting lagi).
URL halaman yang di hapus/diredirect :
http://ilmunyentrik.blogspot.com/2012/10/cara-menghilangkan-google-images-frame.html.
URL halaman tujuan :
http://ilmunyentrik.blogspot.com/2012/11/cara-menghilangkan-google-images-frame-diblog.html.
Perhatikan pada bagian url yang diberi warna merah, itulah yang akan dimasukkan ke dalam kedua kolom tersebut. Pastikan diawali dengan "/".
=>Setelah itu, pastikan url yang dimasukkan sudah benar. Apabila redirect ini untuk selamanya (permanent), centang "permanent" (ini adalah redirect 301, yang sangat SEO Friendly). Jika hanya untuk sementara, tidak dicentang tidak masalah (redirect 302, sementara). Kemudian tekan "save" pada perintah  redirect tersebut.
=>Jika ingin membuat redirect lain lagi, lihat ke bagian atasnya, tekan "Add New" atau tambahkan redirect baru. Jika tidak, tekan "save changes".

Uji coba apakah redirect anda berhasil dengan memasukkan url lama ke browser. Jika halaman kemudian diarahkan ke halaman baru, maka redirect berhasil.

OKE Sob,...Sekian posting saya mengenai Cara Redirect Halaman Blogspot Dengan Custom Redirect.
Semoga bermanfaat.....!!

» JANGAN LUPA LIKE N Komentarnya Yeach...

= Baca Juga Sob =


Ditulis Oleh : Marwan Adza ~ Ilmu Nyentrik

Artikel Cara Redirect Halaman Blogspot Dengan Custom Redirect ini diposting oleh Marwan Adza. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link aktif artikel ini sebagai sumbernya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::..Get Free Daily Email Updates..::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ilmu Nyentrik. Copyright 2012 All Rights Reserved :. Milik Anak Bangsa Yang Selalu Berinovasi .: and Blogger Template by Blogger dot com